Keuntungan Beternak Jangkrik



Usaha budi daya jangkrik memiliki beberapa keuntungan, antara lain mencegah kelangkaan atau kepunahan jangkrik di alam bebas, untuk meme¬nuhi kebutuhan bahan pakan hewan piaraan, seperti burung ocehan, ayam bekisar, ikan arwana, ikan oscar, dan sebagainya. Secara ekonomis, usaha budi daya jangkrik dapat mendatangkan keuntungan yang cukup besar sehingga dapat menambah pendapatan keluarga.

Tinjauan Budi Daya Jangkrik

Kebutuhan jangkrik untuk pakan hewan piaraan, seperti burung-burung kicauan (burung ocehan), ayam bekisar, ikan arwana, ikan oscar, dan lain sebagainya, umumnya masih mengandalkan hasil tangkapan di alam (tegalan atau sawah). Apabila jangkrik yang hidup di alam bebas (tegalan atau sawah) tersebut diburu (ditangkap) secara terus-menerus, maka pada suatu saat ke-beradaan jangkrik di alam bebas tentu akan semakin langka atau bahkan akan punah.


Untuk menghindari kelangkaan atau kepunahan jangkrik di alam dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan jangkrik sebagai pakan hewan piaraan, maka perlu ada usaha-usaha yang positif seperti halnya usaha budi daya jangkrik. Di alam bebas, misalnya di sawah, di tegalan, di tanah lapang, di perkebunan, dan lain sebagainya, jangkrik dapat ditemui pada musim-musim tertentu saja sehingga jangkrik tidak dapat tersedia sepanjang tahun. Oleh karena itu, dengan usaha budi daya jangkrik ini diharapkan sepanjang tahun tersedia jangkrik secara kontinu dalam jumlah yang cukup banyak sehingga tidak tergantung pada musim dan cuaca. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan Beternak Jangkrik"

Posting Komentar